Senin, 12 Januari 2009

Surah AL-'ALAQ ayat 1-5 bab vii QH

 arti''bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.bacalah,dan Tuhanmulah Yang Mahamulia.yang mengajar (manusia) dengan pena.dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.
Makna:
1.Allah memerintahkan kepada nabi muhammad saw. Agar membaca dengan menyebut nama Allah .kata iqra' memiliki makna yang penting,dalam rngakaian wahyu yang pertama yang di tujukan kepada seorang yang ummi(tak dapat membaca menulis)
2.manusia di ciptakan dari segumpal darah.kemudian manusia diberi segala kesnggupan untuk menguasai yang ada di bumi serta menundukkannya untuk keperluan hidup.
3.bacaan tidak melekat tanpa di baca berulang -ulang dan membiasakannya.seseorang yang membaca karena Allahakan mendapat ilmu pengetahuan,pemahaman,dan wawasan baru.
4.dengan karunia dan kalam Allah,terjadi proses balajar belajar mengajar manusia dan komunikasi antar manusia.dengan pena ilmu seseorang dapat di transfer.
5.Dialah tuhan yang mengajar manusia bermacam – macam ilmu yang bermanfaat baginya.ilmu menjadikan manusia lebih utama daripada makhluk lainnya.
Perintah membaca adalah perintah yang paling awal,dan paling berharga yang di berikan kepada manusia.hal itu di sebabkan membaca merupakan hal yang mengantarkan manusia mencapai derajat kemanusiaan yang sempurna.marilah kita tingkatkan peradaban yang maju.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar